Jurnal Praktikum Siskom Part II

Jumat yang lalu, 29 Oktober 2010, kelas PIS 10-11 kedapetan praktikum lagi. Praktikum tentang processor dengan ‘alat bantu’ (alah) software yang namanya CPU-Z. Seperti biasa, 3 soal, 15 menit, kumpulin (pre-test) dulu sebelum praktek. Dan sedikit aneh berhubung kita-kita boleh sambil googling. Tapi ada untungnya juga sih soalnya kita semua belum tau materi yang dijadiin pertanyaan sama asprak kali ini.

Oke, langsung aja ke materi. Tentang CPU Z

CPU Z

CPU Z itu, berguna buat mengetahui spesifikasi komputer kita secara detail dengan lebih mudah. Jadi, tanpa repot-repot harus liat sana sini, buka ini itu, kita bisa langsung liat spesifikasi komputer kita dengan ngejalanin program ini. Di CPU-Z ini, bisa kita liat beberapa tab seperti CPU, caches, Mainboard dan lain-lain. Misalnya di tab CPU, kita bisa ngeliat jenis dan segala informasi tentang processor kita


Buat lebih jelasnya, ini yang bisa saya tangkep dari hasil praktikum kemaren. Semoga bermanfaat. Kalo ada salah mohon kritik dan penjelasanya ya.


PROCESSOR

• Name: Nama core yang ada di processor komputer/laptop kita

• Code name: kode yang terdapat di core processor. Tiap komputer/laptop punya code name yang berbeda. Laptop saya, code namenya "Arrandale" , contoh yang lainnya seperti : "Meron" , "Nehalem", dan lain-lain.

• Package: Jenis soket yang di gunakan processor

• Technologi: Proses fabrikasi,di laptop saya tulisannya 32nm itu artinya, transistor-transistor di press sampai berukuran 32nm. Karena, agar mempercepat pemrosesan data dan tidak mudah panas. Karena semakin besar luas permukaannya maka makin cepat panas.

• Core voltage: tegangan listrik yang ada pada prosesor

• Specification: spesifikasi processor yang ada pada komputer/laptop
• Instruction: ada 4 MMX,SSE,EM64T,VT-X.


CACHE

Cache memory adalah memory berukuran kecil berkecepatan tinggi yang berfungsi buat ngesave sementara instruksi dan/atau data (informasi) yang diperlukan oleh prosesor. Bisa dibilang kalo cache memory ini memory internalnya prosesor. Cache memory berbasis SRAM yang secara fisik berukuran kecil dan kapasitas tampung datanya juga kecil atau sedikit. Saat ini, cache memory ada 3 jenis, yaitu L1 cache, L2 cache, dan L3 cache.


KECEPATAN CACHE MEMORY

Transfer data dari L1 cache ke prosesor terjadi paling cepet disbanding sama L2 cache atau L3 cache (kalo ada). Kecepatannya mendekati kecepatan register. L1 cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada prosesor. L1 cache adalah lokasi pertama yang diakses prosesor pas mencari pasokan data. Kapasitas simpan datanya paling kecil, antara puluhan hingga ribuan byte tergantung jenis prosesor. Beberapa jenis prosesor pentium kapasitasnya 16 KB yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu 8 KB untuk menyimpan instruksi, dan 8 KB untuk menyimpan data.

Transfer data tercepat kedua setelah L1 cache adalah L2 cache. Prosesor dapat mengambil data dari cache L2 yang terintegrasi (on-chip) lebih cepet daripada cache L2 yang nggak terintegrasi. Kapasitas simpan datanya lebih gede dibanding L1 cache, antara ratusan ribu byte hingga jutaan byte, ada yang 128 KB, 256 KB, 512 KB, 1 MB, 2 MB, bahkan 8 MB, tergantung jenis prosesornya. Kapasitas simpan data buat L3 cache lebih gede lagi, bisa ratusan juta byte (ratusan mega byte).


MMX

MMX adalah sebuah teknologi perusahaan Intel. Awalnya, istilah MMX itu dikira singkatan dari MultiMedia eXtension atau Multiple Math atau Matrix Math eXtension. Tapi pihak Intel secara resmi menolak pengertian itu, dan menyatakan kalo MMX bukan singkatan apapun juga. MMX adalah trademark (merk dagang) Intel, yang mengandung pengertian atas peningkatan prosesor dalam kompresi & dekompresi video, manipulasi gambar, enkripsi, pemrosesan Input/Output. MMX emang satu teknologi intel yang secara lengkap disebut dengan nama Intel MMX Technology. MMX merupakan sebuah perluasan instruksi mikroprosesor yang ngebantu proses perhitungan di beberapa aplikasi, yaitu aplikasi multimedia, game, editor gambar dua dimensi, kompresi/ dekompresi, enkripsi, dan aplikasi lainnya.


VT-X

VT-X: menerjemahkan perintah dari prosesor. Mesin usulan mampu menyederhanakan virtual monitors (VMMs) meningkatkan kinerja virtual system


CORE SPEED

Core speeed adalah kecepatan processor dalam memproses data. Semakin tinggi nilai Mhz yang muncul dalam CPU Z, maka processor tersebut artinya lagi banyak banget memproses data dan ngebutuhin banyak tenaga listrik

0 komentar:

Posting Komentar