Jurnal Praktikum Sistem Komputer (22 Oktober 2010

Pada hari ini, jumat 22 oktober saya sama temen sekelas lagi praktikum mata kuliah sistem komputer. Materi yang dibahas, yaitu tentang pengenalan terhadap komponen-komponen yang ada dalam CPU. Dan saya alhamdulilah udah lumayan kenal sama apa aja yang ada dalam CPU. Soalnya dari SMP, saya udah rajin “bergaul” sama komputer.

Sebelum mulai ngejelasin, para asisten dosen ngasih pre test dulu ke kita semua buat ngukur kemampuan dasar kita. Ngukur dasarnya kita punya kemampuan.

Gara-gara jumlah asisten dosen yang cuma ada 4 orang, kita semua “digilir” 1 kelompok 1 kelompok ubuat ngebedah isi CPU. Terus saya sama kelompok saya dikasih penjelasan sama seorang asdos.

Inilah segelintir ilmu yang bisa saya dapetin dari hasil praktikum :


CPU

CPU (Central Processing Unit) adalah bagian dari hardware komputer yang sebagian besar fungsinya yaitu buat ngatur jalannya segala aktivitas, atau untuk memproses data di dalam komputer. Di dalam CPU berisi motherboard, yaitu tempat komponen-komponen seperti vga, ram, processor, bios, dan lain-lain tertempel. Terus ada juga power supply yang berfungsi untuk memasok listrik ke semua komponen-komponen yang ada di dalam CPU.



Motherboard

Motherboard, yaitu tempat komponen-komponen seperti vga, ram, processor, bios, dan lain-lain tertempel. Motherboard ada 3 macam, yaitu full board, half board, quarter half board.

VGA

VGA (visual Graphics Adapter) fungsinya buat nampilin gambar ke monitor sekaligus untuk kualitas gambarnya. Makin besar VGA nya, makin bagus pula gambar yang akan dihasilkan. Kemudian ada juga power supply yang berfungsi untuk memasok listrik ke semua komponen-komponen yang ada di dalam CPU.


RAM

RAM (Random Access Memory) yaitu tempat penyimpanan data sementara. Makin besar kapasitas RAM, maka semakin cepat komputer dalam mengoperasikan atau menjalankan instruksi-instruksi. Akan tetapi, jumlah RAM tidak akan bisa sama besar dengan harddisk, karena malah akan membuat komputer menjadi lambat. RAM ada 3 jenis, yaitu DDR1, DDR2 dan DDR3.


Harddisk

Harddisk adalah tempat penyimpanan data utama dalam setiap komputer yang bersifat permanen, bukan sementara. Dan data di dalam harddisk ini bisa ditambah atau dihapus sesuai keinginan kita.


Processor

Processor adalah otak dari komputer. Dengan kata lain, setiap proses dalam komputer melibatkan kerja processor. Seperti penghitungan-penghitungan dan ngejalanin instruksi-instruksi.



ROM

ROM itu kependekan dari Random Accsess Memory. Itu tempatnya buat nyimpen BIOS.


BIOS

BIOS itu sendiri, artinya Basic Input Output System yang gunanya buat pas pertama kali booting komputer. Yaitu buat ngatur beberapa fungsi dasar komputer waktu komputer dinyalain.



Northbridge

Northbridge, gunanya buat ngendaliin VGA, Processor, dan RAM.



Southbridge

Southbridge, gunanya buat ngendaliin ROM, BIOS, jugan buat input/output devices.


Pas udah selesai ngejelasin, diadainlah sama asdosnya post test. Bahan yang diuji di post test kali ini nggak jauh dari materi yang baru aja disampein tadi. Alhamdulillah saya bisa ngerjainnya bener bener, bener bener ngerjain. Dan mudah mudahan nilainya pun bisa nyampe 100, Amiiiin.


0 komentar:

Posting Komentar